Rabu, 10 Agustus 2016

RPP Simulasi Digital X Kurikulum 2013 ver.Juni 2016



RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMK Muhammadiyah 1 Muntilan
Mata Pelajaran         : Simulasi Digital
Kelas/Semester        : X/Ganjil
Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit
A.  Kompetensi Inti:
1.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
2.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.  Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami komunikasi dalam jaringan (daring-online)
4.1 Menyajikan hasil pemahaman tentang komunikasi dalam jaringan (daring-online)
C.  Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.         Menjelaskan Pengertian Komunikasi Daring
2.         Menyebutkan jenis-jenis komunikasi Daring
3.         Menyebutkan tujuan komunikasi daring
4.         Menjelaskan fungsi-fungsi komunikasi daring
5.         Menjelaskan komponen-komponen komunikasi daring
D.  Tujuan Pembelajaran:
     Setelah diskusi siswa dapat :
a.   Menjelaskan pengertian komunikasi daring
b.   Menyebutkan jenis-jenis komunikasi daring
c.   Menyebutkan tujuan komunikasi daring
d.   Menjelaskan fungsi-fungsi komunikasi daring 
e.   Komponen-komponen komunikasi daring
E.  Materi Pembelajaran:
1.     Pengertian komunikasi daring
2.     Jenis-jenis komunikasi daring
3.     Tujuan komunikasi daring
4.     Fungsi-fungsi komunikasi dari
5.     Komponen-komponen komunikasi daring
F.   Pendekatan, Model dan Metode:
1.     Pendekatan: Saintifik Learning.
2.     Model: Discovery Learning.
3.     Metode: diskusi, tanya jawab, penugasan, praktik.
G.  Kegiatan Pembelajaran:
1.  Pertemuan Kesatu:*)

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)   mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dan mengabsen siswa
2)   eksplorasi-mendiskusikan kompetensi yang pernah  dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam      kehidupan sehari-hari;
4) menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5)   menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.  Kegiatan Inti (110 menit)
1). Pemberian stimulus terhadap siswa:
a)   Guru meminta siswa untuk melihat tayangan tentang media-media IT yang dapat digunakan untuk komunikasi
b) Guru menugaskan siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi
c)   Guru meminta siswa untuk memahami pengertian komunikasi daring.
d) Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan langkah-langkah       mengoperasikan mengoperasikan media media IT yang digunakan untuk komunikasi
2). Identifikasi  masalah:
a). Guru meminta siswa untuk berdiskusi tentang pengertian komunikasi daring
b). Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis komunikasi daring
c). Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikasi daring
3). Pengumpulan data:
a). Guru meminta siswa untuk menentukan prosedur penggunaan media IT untuk komunikasi daring
4). Pembuktian:
a)  Guru menugaskan siswa untuk menguji coba menggunakan HP/media komunikasi yang ada.
b) Guru menugaskan siswa untuk mengoperasikan media TI untuk komunikasi
c)   Guru menugaskan siswa untuk mengoperasikan internet untuk memahami komunikasi daring
5). Menarik kesimpulan/generalisasi:
a) Siswa membuat presentasi untuk memahami materi tentang komunikasi daring
b) Siswa menyiapkan peralatan-peralata/media yang akan digunakan untuk komunikasi daring

c.  Penutup (10 menit)
Kegiatan penutup terdiri atas:
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a)   membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b)   melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

2) Kegiatan guru yaitu:
a)      melakukan penilaian dengan pertanyaan lesan;
b)      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c)      menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



2.  Pertemuan Kedua:*)
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)     mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dan mengabsen siswa
2) eksplorasi-mendiskusikan kompetensi yang pernah  dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3)  menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)  menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5)      menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.

b.  Kegiatan Inti (110 menit)
1). Pemberian stimulus terhadap siswa:
a)   Guru meminta siswa untuk melihat tayangan tentang media-media IT yang dapat digunakan untuk komunikasi
b)  Guru menugaskan siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi
c)   Guru meminta siswa untuk memahami tujuan komunikasi daring.
d)  Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan komponen-komponen komunikasi daring
e) Guru dan siswa mempersiapkan perangkat untuk menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk komunikasi daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP dan jaringan internet
2). Identifikasi  masalah:
a). Guru meminta siswa untuk berdiskusi tentang tujuan komunikasi daring
b). Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi komponen-komponen komunikasi daring

3). Pengumpulan data:
a). Guru menugaskan siswa untuk menguji coba alat-alat yang digunakan untuk komunikasi daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP/jaringan internet

4). Pembuktian:
a)     Guru menugaskan siswa untuk mengoperasikan  HP/media komunikasi yang ada komunikasi daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP/jaringan internet

5). Menarik kesimpulan/generalisasi:
a) Siswa membuat akun gmail
b) Siswa memulai mempraktekkan penggunaan akun

c.  Penutup (10 menit)
Kegiatan penutup terdiri atas:
1) Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a)    membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b)    melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan

2) Kegiatan guru yaitu:
a)   melakukan penilaian;
b)   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c)   menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan:
1.   Teknik Penilaian;
a.             Tes tulis, dan
b.             Test praktek

2.   Instrumen Penilaian
a.   Pertemuan pertama:
Soal:
                   1.                Jelaskan pengertian komunikasi daring?
                   2.                Sebutkan 2 jenis komunikasi daring dan masing masing 2 contoh.
                   3.                Sebutkan 3 tujuan komunikasi daring?
                   4.                Sebutkan minimal 3 fungsi komunikasi daring!
                   5.                Sebutkan komponen-komponen komunikasi daring!

Kunci Jawaban:
1.     Komunikasi melalui jaringan komputer/internet
            a.   Syncronouns adalah Komputer memediasi komunikasi langsung, yaitu:
  Orang berkomunikasi secara real Time melalui perangkat lunak dengan pengguna komputer lain pada waktu yang bersamaan. Contoh chatting, skype
            b.   Asyncronous adalah Komputer memediasi komunikasi tunda, yaitu:
Orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer.
Contoh: email, menulis dan membaca on line dalam World Wibe Web (www)
2.     Tujuan komunikasi daring
a.   Penciptakan pembelajaran yang menyenangkan
b.   MemanfaatkanTI untuk pembelajaran
c.   Menciptakan pembelajaran efektif dan efisien
3.     Fungsi komunikasi daring
a.   Membekali siswa untuk berkomunikasi dengan guru/orang lain
b.   Membekali  siswa untuk pembelajaran interaktif
c.   Membekali siswa untuk berkomunikasi dengan penggunaan media Teknologi
d.   Memanfaatkan pembelajaran dengan pemanfaata media TI sehingga pembelajaran efektif dan efisien
4.     Komponen-komponen komunikasi daring
a.     Personal Compoter?laptop/note book
b.     HP
c.     Camera digital
d.     Jaringan internet

Norma Penilaian:
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai:
1.         Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban.
2.         Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban.
3.         Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.
4.         Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban.


Contoh pengolahan nilai:
IPK
No Soal
Skor Penilaian 1
Nilai
1.
1
3
Nilai perolehan KD pegetahuan:
Rerata dari nilai IPK =
(16/20) * 100 = 80
2.
2
3
3.
3
4
4.
4
3
5
5
3
Jumlah
16


b.   Pertemuan kedua:
Instrumen Penilaian Keterampilan (Rubrik).
Mata Pelajaran: Simulasi Digital kelas X.
KD 4.1.   Mengoperasikan mesin kerja kayu sesuai dengan gambar, instruksi, dan spesifikasi.
IPK
Kategori
1
2
3
4
1.   Menjelaskan Pengertian komunikasi daring

Tidak dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring
Dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring namun belum sesuai dengan konsep.
Dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring sesuai konsep
Dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring sesuai konsep dan menjelaskan secara lengkap
2. Menyebutkan jenis-jenis komunikasi daring

Tidak dapat menyebutkan jenis-jenis komunikasi daring
Dapat menyebutkan 1 jenis-jenis komunikasi daring.
Dapat menyebutkan lebih dari 1 jenis-jenis komunikasi daring sesuai konsep
Dapat menyebutkan lebih dari 1 jenis-jenis komunikasi daring sesuai konsep  dan mampu menjelaskan secara rinci
3. Menyebutkan tujuan komunikasi daring

Tidak dapat menyebutkan tujuan komunikasi daring
Dapat menyebutkan 1 tujuan komunikasi daring.
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep  dan mampu menjelaskan secara rinci
4. Menyebutkan fungsi komunikasi daring
.
Tidak dapat menyebutkan tujuan komunikasi daring
Dapat menyebutkan 1 tujuan komunikasi daring.
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep  dan mampu menjelaskan secara rinci
5. Menyebutkan komponen-komponen komunikasi daring

Tidak dapat menyebutkan tujuan komunikasi daring
Dapat menyebutkan 1 tujuan komunikasi daring.
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep
Dapat menyebutkan lebih dari 1 tujuan komunikasi daring sesuai konsep  dan mampu menjelaskan secara rinci


3.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan:
a.   Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar siswa belum mencapai KKM.
b.   Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil belajar siswa sudah mencapai KKM, tetapi siwa belum puas dengan hasil belajar yang dicapai.


I.    Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar:
         1.     Media  :
a.     Microsoft powerpoint, Microsoft word, gmail, google drive
b.     Perangkat komputer (PC)
c.     Papan Tulis
d.      HP, android, camera digital, internet

2.   Alat/Bahan  : Gambar peraga/slide tentang komunikasi daring/online 
                          oleh Amolo Hari P.S.Kom , spidol

3.     Sumber Belajar :
a.     --------. 2013. Buku Sumber Simulasi Digital , Jakarta,Seamoloc.
b.     --------. 2013. Modul 1 Komunikasi Daring Materi Pembelajaran Simulasi Digital Oleh: Amolo Hari P.S.kom (Buku Siswa)


Verifikator,                                                                                Magelang, 6 Juli 2016
Ketua Unit Kerja                                                                        Guru Mata Pelajaran


Lilik Agus S.Sos                                                                         Amolo Hari P.S.Kom
                                                                          





















2 komentar:

  1. How To Make Money From Sports Betting - Work
    1. Follow sports bettors to increase their winnings, but if you septcasino don't kadangpintar know what they're doing, หารายได้เสริม then you need to be a

    BalasHapus
  2. Situs Judi Slot Online Terbaru & Terpercaya | Bandar Judi Bola Online
    Situs 브라 벗기 미션 Judi Slot Online Terbaru & Terpercaya 토토 가입 머니 — Agen 바카라그림보는법 Judi Bola Online, Juga merupakan 양방배팅 agen judi bola, juga merupakan situs judi bola bet365 가상 축구 online yang

    BalasHapus