RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Muhammadiyah 1 Muntilan
Mata Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas/Semester : X/Ganjil
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti:
1.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
2.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B.
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami
komunikasi dalam jaringan (daring-online)
4.1
Menyajikan hasil pemahaman tentang komunikasi dalam
jaringan (daring-online)
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.
Menjelaskan Pengertian Komunikasi Daring
2.
Menyebutkan jenis-jenis komunikasi Daring
3.
Menyebutkan tujuan komunikasi daring
4.
Menjelaskan fungsi-fungsi komunikasi daring
5.
Menjelaskan komponen-komponen komunikasi daring
D.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah diskusi siswa
dapat :
a. Menjelaskan pengertian
komunikasi daring
b. Menyebutkan jenis-jenis
komunikasi daring
c. Menyebutkan tujuan
komunikasi daring
d. Menjelaskan
fungsi-fungsi komunikasi daring
e. Komponen-komponen
komunikasi daring
E. Materi Pembelajaran:
1. Pengertian
komunikasi daring
2. Jenis-jenis
komunikasi daring
3. Tujuan
komunikasi daring
4. Fungsi-fungsi
komunikasi dari
5. Komponen-komponen
komunikasi daring
F.
Pendekatan, Model dan Metode:
1.
Pendekatan: Saintifik Learning.
2.
Model: Discovery Learning.
3.
Metode: diskusi, tanya jawab, penugasan,
praktik.
G.
Kegiatan Pembelajaran:
1. Pertemuan
Kesatu:*)
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan
Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1) mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dan mengabsen siswa
2) eksplorasi-mendiskusikan
kompetensi yang pernah dikembangkan
sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3) menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4) menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5) menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (110 menit)
1). Pemberian stimulus terhadap siswa:
a) Guru meminta
siswa untuk melihat tayangan tentang media-media IT yang dapat digunakan
untuk komunikasi
b) Guru menugaskan
siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi
c)
Guru meminta siswa untuk memahami pengertian komunikasi daring.
d) Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan
langkah-langkah mengoperasikan mengoperasikan
media media IT yang digunakan untuk komunikasi
2). Identifikasi masalah:
a). Guru meminta siswa untuk
berdiskusi tentang pengertian komunikasi daring
b). Guru menugaskan siswa untuk
mengidentifikasi jenis-jenis
komunikasi daring
c). Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi tujuan komunikasi
daring
3). Pengumpulan data:
a). Guru meminta siswa untuk menentukan prosedur penggunaan
media IT untuk komunikasi daring
4). Pembuktian:
a) Guru menugaskan
siswa untuk menguji coba menggunakan
HP/media komunikasi yang ada.
b) Guru menugaskan
siswa untuk mengoperasikan media
TI untuk komunikasi
c) Guru menugaskan siswa untuk
mengoperasikan internet untuk memahami komunikasi daring
5). Menarik kesimpulan/generalisasi:
a) Siswa membuat presentasi
untuk memahami materi tentang komunikasi daring
b)
Siswa menyiapkan peralatan-peralata/media yang akan digunakan untuk
komunikasi daring
c. Penutup (10 menit)
Kegiatan
penutup terdiri atas:
1)
Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b)
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
dan
c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
dan
2)
Kegiatan guru yaitu:
a) melakukan
penilaian dengan pertanyaan lesan;
b) merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
2. Pertemuan Kedua:*)
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (15 menit)
Kegiatan
Pendahuluan Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1) mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan dan mengabsen siswa
2) eksplorasi-mendiskusikan
kompetensi yang pernah dikembangkan
sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan;
3) menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4) menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
5) menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (110 menit)
1). Pemberian stimulus terhadap siswa:
a) Guru meminta
siswa untuk melihat tayangan tentang media-media IT yang dapat digunakan
untuk komunikasi
b) Guru menugaskan
siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi
c)
Guru meminta siswa untuk memahami tujuan komunikasi daring.
d) Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan
komponen-komponen
komunikasi daring
e) Guru
dan siswa mempersiapkan perangkat untuk menyiapkan alat-alat yang digunakan
untuk komunikasi daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP dan jaringan
internet
2). Identifikasi masalah:
a). Guru meminta siswa untuk berdiskusi
tentang tujuan komunikasi daring
b). Guru menugaskan siswa untuk
mengidentifikasi komponen-komponen
komunikasi daring
3). Pengumpulan data:
a). Guru menugaskan siswa untuk menguji coba alat-alat yang
digunakan untuk komunikasi daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP/jaringan
internet
4). Pembuktian:
a) Guru menugaskan
siswa untuk mengoperasikan HP/media komunikasi yang ada komunikasi
daring antara lain: PC/Laptop/note book/HP/jaringan
internet
5). Menarik kesimpulan/generalisasi:
a) Siswa membuat akun
gmail
b)
Siswa memulai mempraktekkan penggunaan akun
c. Penutup (10 menit)
Kegiatan
penutup terdiri atas:
1)
Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a) membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b) melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
dan
c) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
dan
2)
Kegiatan guru yaitu:
a) melakukan
penilaian;
b) merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik; dan
c) menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan:
1.
Teknik Penilaian;
a.
Tes tulis, dan
b.
Test praktek
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan pertama:
Soal:
1.
Jelaskan pengertian komunikasi daring?
2.
Sebutkan 2
jenis komunikasi daring dan masing masing 2 contoh.
3.
Sebutkan 3 tujuan komunikasi daring?
4.
Sebutkan minimal 3 fungsi komunikasi daring!
5.
Sebutkan
komponen-komponen komunikasi daring!
Kunci Jawaban:
1. Komunikasi melalui jaringan
komputer/internet
a. Syncronouns adalah Komputer
memediasi komunikasi langsung, yaitu:
Orang
berkomunikasi secara real Time melalui perangkat lunak dengan pengguna
komputer lain pada waktu yang bersamaan. Contoh chatting, skype
b. Asyncronous adalah Komputer
memediasi komunikasi tunda, yaitu:
Orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh
komputer.
Contoh: email, menulis dan membaca on line
dalam World Wibe Web (www)
2. Tujuan
komunikasi daring
a.
Penciptakan pembelajaran yang menyenangkan
b.
MemanfaatkanTI untuk pembelajaran
c.
Menciptakan pembelajaran efektif dan efisien
3. Fungsi
komunikasi daring
a. Membekali
siswa untuk berkomunikasi dengan guru/orang lain
b. Membekali siswa untuk pembelajaran interaktif
c. Membekali
siswa untuk berkomunikasi dengan penggunaan media Teknologi
d. Memanfaatkan
pembelajaran dengan pemanfaata media TI sehingga pembelajaran efektif dan
efisien
4. Komponen-komponen
komunikasi daring
a.
Personal Compoter?laptop/note book
b.
HP
c.
Camera digital
d. Jaringan internet
Norma Penilaian:
Penskoran Jawaban dan Pengolahan Nilai:
1.
Nilai 4 : jika sesuai kunci jawaban dan ada pengembangan jawaban.
2.
Nilai 3 : jika jawaban sesuai kunci jawaban.
3.
Nilai 2 : jika jawaban kurang sesuai dengan kunci jawaban.
4.
Nilai 1 : jika jawaban tidak sesuai dengan kunci jawaban.
Contoh pengolahan
nilai:
b.
Pertemuan kedua:
Instrumen Penilaian Keterampilan
(Rubrik).
Mata Pelajaran: Simulasi Digital kelas X.
KD 4.1. Mengoperasikan mesin kerja
kayu sesuai dengan gambar, instruksi, dan spesifikasi.
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan:
a.
Remidial dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar siswa belum mencapai KKM.
b.
Pengayaan dilaksanakan apabila pencapaian hasil
belajar siswa sudah mencapai KKM, tetapi siwa belum puas dengan hasil belajar
yang dicapai.
I.
Media, Alat/Bahan, dan
Sumber Belajar:
1. Media :
a. Microsoft powerpoint,
Microsoft word, gmail, google drive
b. Perangkat komputer (PC)
c. Papan Tulis
d. HP, android, camera
digital, internet
2. Alat/Bahan : Gambar peraga/slide tentang
komunikasi daring/online
oleh Amolo Hari P.S.Kom , spidol
3.
Sumber Belajar :
a.
--------. 2013. Buku Sumber Simulasi Digital , Jakarta,Seamoloc.
b.
--------. 2013. Modul 1 Komunikasi Daring Materi Pembelajaran Simulasi Digital Oleh:
Amolo Hari P.S.kom (Buku Siswa)
Verifikator, Magelang,
6 Juli 2016
Ketua Unit Kerja Guru Mata Pelajaran
Lilik Agus S.Sos Amolo Hari P.S.Kom
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
How To Make Money From Sports Betting - Work
BalasHapus1. Follow sports bettors to increase their winnings, but if you septcasino don't kadangpintar know what they're doing, หารายได้เสริม then you need to be a
Situs Judi Slot Online Terbaru & Terpercaya | Bandar Judi Bola Online
BalasHapusSitus 브라 벗기 미션 Judi Slot Online Terbaru & Terpercaya 토토 가입 머니 — Agen 바카라그림보는법 Judi Bola Online, Juga merupakan 양방배팅 agen judi bola, juga merupakan situs judi bola bet365 가상 축구 online yang